Training of Trainer (ToT) Kurikulum Industri Telkom SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta

Dunia telekomunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai bidang. Hal ini berjalan linear dengan tuntutan kebutuhan manusia terkait telekomunikasi itu sendiri. Sedemikian pesat perkembangan yang terjadi, telah menginspirasi pembuatan Kurikulum Industri Telkom. Kehadiran kurikulum ini tentu memberikan wawasan baru dalam dunia pendidikan khususnya SMK. Satu di antara sekian banyak perubahan yang terjadi adalah penggunaan fiber optik.

Teknologi kabel data jenis logam perlahan mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya kini mulai banyak dipergunakan fiber optik. Dalam perkembangan teknologi, fiber optik memiliki berbagai kelebihan dibandingkan kabel jenis logam, di antaranya memiliki kecepatan transfer data dan signal lebih baik, ukurannya tipis dan kecil, dapat mentransmisikan signal cahaya, tahan terhadap noise atau gangguan signal cahaya. Optik fiber merupakan salah satu teknologi baru yang saat ini mulai diimplementasikan di Indonesia.

Merespons hal ini, SMK 1 Perguruan “Cikini” (PerCik) mengadakan Training of Trainer Kurikulum Industri Telekom. Training ini dilaksanakan untuk meng up grade guru-guru dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Materi pelatihan meliputi Wide Area Network (WAN), Asesmen Teknik Instalasi Fiber Optik (TIFO), Materi Administrasi Insfra Struktur Jaringan juga Asesmen Network Admin Muda. Pelatihan diadakan pada tanggal 18 sampai 22 Pebruari 2021 bertempat di Laboratorium Fiber Optik SMK 1 PerCik, Plumpang.

Pemateri latihan adalah Hardjanto dari PT Telkom Indonesia. Teknik Komputer Jaringan (TKJ) merupakan salah satu disiplin ilmu yang berkembang pesat dan berperan besar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan teknik jaringan.

Sumber: https://www.oasenews.com/training-of-trainer-kurikulum-industri-telkom-smk-1-percik/